Sabtu, 19 Januari 2013

kebiasaan mempercepat penuaan

merokok mempercepat penuaanAda empat kebiasaan buruk yang sangat mempercepat penuaan, yaitu merokok, minum minuman beralkohol, diet tidak seimbang, dan kurangnya berolahraga.  Tubuh anda akan mengalami penuaan sekitar 12 tahun lebih tua dari umur anda sebenarnya bila melakukan keempat kebiasaan buruk tersebut. Temuan ini adalah hasil dari sebuah studi klinis terhadap 4886 orang dewasa (umur rata-rata 44 tahun) di Inggris selama 20 tahun. Sumber: USA today April 26, 2010.
Secara keseluruhan, 314 orang yang diteliti tidak menjalani pola hidup sehat dan melakukan keempat kebiasaan buruk diatas. Di antara mereka, 91 meninggal selama studi, atau sekitar 29%. Di antara para partisipan, ada 387 orang yang hidup dengan kebiasaan sangat sehat dan tidak melakukan salah satu dari kebiasaan di atas , hanya 32 orang meninggal dunia, atau sekitar 8%. Hal ini disampaikan oleh Elisabeth Kvaavik yang merupakan ketua penelitian ini dari University of Oslo. Studi klinis ini dipublikasikan oleh Archives of Internal Medicine pada bulan April 2010.

Kebiasaan Hidup Sehat untuk Mencegah Penuaan Dini

Menurut Elisabeth Kvaavik, anda tidak perlu menjalani hidup super sehat seperti seorang ekstrimis, namun dapat melakukan hal-hal yang sederhana seperti:
  • Makan buah dan sayuran dalam jumlah memadai, seperti sebuah wortel, sebuah jeruk, dan sebuah apel setiap hari. (Namun tentunya jenis buah dan sayuran dikombinasikan beberapa jenis setiap hari agar tidak bosan dan juga tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang optimal). FDA (Food and Drug Association of America) menganjurkan konsumsi harian 5-9 porsi sayur dan buah setiap hari bagi seorang dewasa.
  • Tidak merokok.
  • Tidak meminum minuman berakohol berlebihan (3 gelas per hari bagi pria dan 2 gelas bagi wanita).
  • Berolahraga secara teratur minimal 2,5 jam setiap minggu (saya menganjurkan paling tidak 3 kali seminggu berolahraga satu jam saja).
Untuk anda yang ingin menjalani hidup super sehat (healthy Lifestyle), saya menganjurkan beberapa hal tambahan yang perlu dilakukan setiap hari:
  • Kelola tingkat stres anda, karena pikiran stres akan melemahkan daya tahan tubuh, membuat kulit keriput dan mempercepat penuaan.
  • Berjemur di matahari pagi hari selama 5-10 menit untuk mendapatkan berbagai macam manfaat Vitamin D bagi kesehatan kita.
  • Mengkonsumsi Omega 3, sumber terbaik adalah minyak ikan (fish oil).
  • Mengkonsumsi all natural, whole food multivitamin & mineral supplement.
  • Sebisa mungkin mengkonsumsi sayur dan buah organik, lebih baik dimakan mentah seperti salad, sehingga anda mendapatkan manfaat dari enzim dan berbagai nutrisi yang biasanya telah rusak ketika proses pemasakan.
  • Hindari minuman bersoda dan berkadar gula tinggi.
  • Hindari junk food/fast food dan makanan olahan apalagi yang mengandung pengawet, perasa, dan pewarna kimiawi.
  • Istirahat (tidur) cukup, 7-8 jam per hari.

Antioksidan Mampu Mencegah Penuaan Dini

Anda membutuhkan antioksidan yang memang berfungsi untuk melawan radikal bebas dan mencegah penuaan dini, yang bisa anda dapatkan dalam buah-buahan dan sayur-sayuran. Bilamana anda kesulitan memenuhi kebutuhan sayur dan buah minimal 5 porsi setiap hari sesuai anjuran FDA, maka sebaiknya anda mencukupi kebutuhan nutrisi dengan mengkonsumsi whole foods multivitamin. Perlu diperhatikan bahwa kebanyakan multivitamin di pasaran adalah sintetik hasil produksi dari proses kimiawi yang tidak berguna bagi tubuh dan cenderung berbahaya untuk jangka panjang.
Dengan pola hidup sehat, penuaan dini dapat dihindari, kita pun akan memiliki tubuh dan jiwa yang sehat untuk menikmati kehidupan lebih lama berbagi bersama orang-orang yang kita kasihi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar