MENJADI seorang fotografer memang menyenangkan, bayangkan hanya dengan modal satu buah kamera anda bisa mengabadikan berbagai momen penting dalam hidup. Di waktu-waktu tertentu menyaksikan foto-foto jepretan karya sendiri akan memunculkan kepuasan tersendiri.
Tak berlebihan bila salah satu fotografer professional di Banda Aceh mengatakan bahwa fotografi adalah cara untuk menghentikan waktu, dan mengabadikannya dalam bentuk gambar.
Sebagian orang menganggap fotografi adalah hobby yang mahal karena untuk membeli kamera dibutuhkan uang yang tidak sedikit. Padahal, menurut pemilik studio foto untuk memulai mengembangkan hobby fotografi bisa dimulai dengan kamera sederhana, seperti kamera poket, bahkan memanfaatkan kamera selular.
“Namun jika sudah ingin menekuni hobby tersebut dan ingin jadi fotografer professional sudah bisa menggunakan kamera DSLR,” ujar Candra kepada The Atjeh Post, Kamis, 6 September 2012.
Mengenai objek foto menurut Candra tergantung dengan foto apa yang akan kita capture atau tangkap. Namun semua itu harus berpedoman dengan komposisi-komposisi yang sesuai agar hasil jepretan lebih indah dan artistic.
“Komposisi yang bagus biasanya objek yang dibidik harus sepertiga dari bidang frame,” ujarnya. “Kalau soal foto saran saya Cuma satu, sebelum menekan tombol shutter perhatikan background dan pattern serta unsur lain untuk memperkuat objek foto,” katanya lagi.
Bagi fotografer pemula ia juga menganjurkan untuk bergabung dengan group atau komunitas fotografi. Biasanya di group atau komunitas sering ada sharing dan pertukaran informasi sehingga bisa selalu mengup grade pengetahuan di bidang foto.
“Dengan masuk dan bergabung di komunitas atau group jauh lebih murah dibandingkan jika kita harus ikut sekolah atau workshop fotografi,” katanya.
Jika ingin membeli kamera ia menyarankan sebaiknya membaca reviewnya dulu di beberapa situs yang recomended. Untuk mereka yang memang sudah serius menekuni hobby foto menurut Cacan bisa memulai dengan kamera jenis Nikon D 5100.[]