Selasa, 08 Januari 2013

penyakit Hidrosefalus


Hidrosefalus dan Dampaknya Bagi Kesehatan Balita

Hidrosefalus merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh gangguan aliran cairan dalam otak atau disebut juga gangguan aliran serebrospinal. Penyakit ini dapat dideteksi dengan mudah dengan cara melihat ukuran pertumbuhan lingkar kepala bayi. Pertambahan ukuran yang tidak wajar atau terlalu besar dibandingkan ukuran normalnya merupakan salah satu indikasi yang harus diwaspadai pada penyakit ini.
Hidrosefalus dapat terjadi akibat berbagai faktor, baik yang terjadi selama kehamilan maupun yang terjadi setelah kelahiran sang bayi. Salah satu penyebab bawaan atau kongenital yang dapat memicu timbulnya penyakit ini adalah serangan virus toxoplasma, yaitu virus yang ditularkan oleh hewan-hewan mamalia seperti kucing, anjing, dan lain-lain. Menghindari sentuhan dengan hewan-hewan peliharaan selama masa kehamilan dapat mengurangi resiko anak anda terserang penyakit ini. Penyebab lainnya yang mungkin memicu timbulnya hidrosefalus adalah meningitis bakterikal atau radang selaput otak akibat adanya infeksi bakteri, perdarahan intraverikuler atau perdarahan spontan di otak, maupun kelebihan vitamin A atau hipervitaminosis A.
Gejala dari penyakit ini selain dapat dikenali dari kelainan pertumbuhan kepala juga dapat dilihat dari indikasi-indikasi lainnya. Bayi dengan tangisan pendek, bernada tinggi, dan bergetar merupakan salah satu ciri penyakit hidrosefalus. Gangguan mental dan perkembangan motorik juga sering ditemui pada bayi atau balita yang menderita penyakit ini. Pada anak dengan ubun-ubun yang sudah menutup sempurna, gejala lain seperti muntah, kejang, nyeri kepala dan penurunan kesadaran juga merupakan beberapa indikasi bahwa anak mengalami hidrosefalus.
Pemeriksaan ukuran lingkar kepala secara rutin merupakan salah satu upaya mendeteksi penyakit ini sedini mungkin. Deteksi dini memungkinkan pengoptimalan penanganan, sehingga anak dapat segera ditangani dan terhindar dari gangguan penyerta yang timbul akibat penyakit ini seperti gangguan mental dan perkembangan motorik anak. Penanganan hidrosefalus hanya dapat dilakukan oleh tenaga kesehatan seperti pengeluaran cairan dikepala maupun pembedahan. Oleh karena itu, apabila anda menemukan anak dengan gejala-gejala hidrosefalus diatas, segera bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar