Sabtu, 16 Maret 2013

kegunaan lemon


Semua mungkin suka dengan buah pepaya, anggur, apel dan yang lainnya, tapi untuk jeruk lemon? Rasanya tidak ada yang benar-benar suka dengan rasanya.
Asam menyengat membuat jeruk jenis ini lebih banyak digunakan sebagai bumbu dapur saja, bahkan lebih sering digunakan sebagai penghilang bau amis yang ditimbulkan oleh daging, ikan dan lain sebagainya.
Buah ini sebenarnya tidak kalah dengan buah lain, sama-sama memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Jika mengetahui kandungan nutrisi yang ada maka tidaklah mengherankan jika buah ini disejajarkan denganjeruk nipis, mengkudu, tomat, jahe dan buah penting lainnya.
Kandungan vitamin C yang tinggi, vitamin B, fosfor, protein dan karbohidrat yang terdapat pada buah asam ini menjadikannya layak untuk diperhitungkan.
Berikut ini merupakan beberapa manfaat jeruk lemon bagi kecantikan dan kesehatan dengan disertai cara penggunaannya.
Pencegah rambut rontok
Banyak sekali cara yang bisa kita tempuh untuk mencegah kerontokan rambut, salah satunya dengan menggunakan jeruk lemon. Dengan buah ini anda bisa memilih salah satu di antara tiga cara yang bisa dilakukan.
  • Cara pertama
    Teteskan secara langsung cairan buah ini ke kulit kepala, biasanya hanya membutuhkan 7 sampai 8 tetesan. Lakukan setiap pagi dan sore sampai rambut anda benar-benar kuat.
  • Cara kedua
    Masukkan putih telur ke dalam gelas lalu campurkan cairan lemon secukupnya. Aduk hingga rata lalu oleskan ke semua bagian kulit kepala. Diamkan selama 10 menit lalu cuci bilas dengan shampoo herbal.
  • Cara ketiga
    Campurkan cairan lemon dengan minyak zaitun atau minyak kelapa murni. Oleskan ke semua bagian kulit kepala dan diamkan selama 10 menit. Bilas dengan menggunakan air bersih dan shampoo herbal.
Membuat kulit bersinar
Salah satu manfaat jeruk lemon bagi kecantikan adalah buah ini dapat kita gunakan sebagai bahan dasar pembuatan masker. Tujuan dari pembuatan masker tersebut untuk membuat kulit bercahaya dan kencang.
Untuk mendapatkannya persiapkan beberapa hal di bawah ini:
  • Putih telur
  • Gliserin (Anda bisa tidak menggunakan bahan ini)
  • Cairan buah lemon secukupnya
Masukkan semua bahan di atas dan aduk hingga rata, oleskan ke seluruh bagian kulit dan diamkan selama 15 menit. Ulangi proses tersebut seminggu 3 kali untuk mendapat hasil yang diinginkan.
Menurunkan berat badan
Rutin meminum jeruk tipe ini dapat menurunkan berat badan. Apa alasannya?
Jeruk lemon merupakan sumber vitamin C yang baik. Jika vitamin C yang dibutuhkan tubuh tercukupi maka metabolisme tubuh akan meningkat.
Metabolisme yang baik membuat organ pencernaan bekerja secara maksimal sekaligus mencegah adanya timbunan lemak dalam tubuh. Minumlah di pagi hari disertai beberapa tetesmadu dan lihat hasil yang akan anda dapat kedepannya.
Menjaga kesehatan tubuh
Mengkonsumsi jeruk lemon secara rutin dapat menurunkan resiko seseorang terhadapdiabetes dan aterosklerosis. Selain itu buah ini pun dapat meningkatkan fungsi hati dengan cara memperkuat enzim pada organ hati tersebut.
Jika cairan jeruk lemon kita gunakan untuk berkumur maka dapat membantu kita menyembuhkan radang pada tenggorokan, selain itu jeruk lemon dapat digunakan sebagai media penyembuh penyakit kudis, asma, panas akibat luka bakar dan masih banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar