Sabtu, 16 Maret 2013

manfaat coklat

Siapa yang tidak suka dengan coklat? Rasa manis yang menenangkan membuatnya masuk pada kelompok makanan yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat dunia.
Coklat seperti kita tahu sering dihubungkan dengan masalah obesitas. Meskipun hal ini benar, namun jika dikonsumsi secara wajar dan tidak berlebihan justru dapat mendatangkan beberapa manfaat yang jarang diketahui orang.
Manfaat coklat bisa berdampak pada kesehatan tubuh atau juga sering digunakan sebagai media untuk mempercantik kulit. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan saat mengkonsumsi coklat.
Berikut ini merupakan 6 manfaat coklat yang jarang diketahui oleh orang banyak seperti yang kami rangkum dari beberapa media ternama.
Baik untuk jantung
Sebuah penelitian yang dilakukan di Swedia menunjukkan bahwa seseorang yang mengkonsumsi coklat hitam sebanyak satu atau dua porsi dapat menurunkan resiko gagal jantung.
Untuk informasi lengkap mengenai apa saja yang berhubungan dengan gagal jantung silahkan baca di halaman berikut ini.
  • Definisi, penyebab dan gejala gagal jantung
Selain dapat menurunkan resiko seseorang terhadap penyakit tersebut, coklat juga dapat menurunkan resiko seseorang terhadap serangan jantung dan stroke hingga 39%.
Silahkan baca juga beberapa artikel kami terkait serangan jantung dan stroke:
  • Penyebab dan gejala penyakit jantung
  • Penyebab dan gejala stroke
Data ini ditemukan dari hasil penelitian yang dilakukan di Jerman.
Mencegah diabetes
Terdengar aneh bukan? Namun hasil penelitian yang dilakukan para ahli di Italia menunjukkan bahwa seseorang yang mengkonsumsi coklat selama kurang lebih 15 hari dapat menurunkan resistensi insulin sebanyak 50%.
Baca juga artikel kami yang berhubungan dengan diabetes
Halam di atas memuat semua hal penting yang berhubungan kuat dengan penyakit gula darah ini, jangan lupa untuk membacanya agar semakin mengenal secara mendalam tentang penyakit ini.
Meredakan stress
Seperti yang telah kami jelaskan pada tulisan kami sebelumnya bahwa, coklat hitam dapat menurunkan serangan stress dan depresi. Hal ini karena coklat mengandung sebuah zat kimia yang berfungsi menenangkan pikiran.
Untuk mengetahui tentang manfaat coklat untuk meredakan stress bisa anda baca di
  • Makanan yang membantu meredakan stress
Perlindungan dari bahaya sinar matahari
Kandongan flavonol yang terdapat pada coklat diketahui dapat mengatasi kulit yang terbakar karena sinar matahari. Dengan mengkonsumsi coklat selama kurang lebih 3 bulan diyakini kulit yang terbakar tersebut akan kembali pulih seperti sediakala.
Membuat daya ingat lebih kuat
Penelitian yang dilakukan di Norwegia menunjukkan hasil bahwa orang yang gemar mengkonsumsi coklat memiliki daya ingat yang lebih kuat dibanding dengan orang yang tidak mengkonsumsinya.
Selain di Norwegia, para ahli di Nottingham menemukan fakta menarik bahwa coklat dapat membuat aliran darah ke otak menjadi lebih lancar. Hal ini dapat meningkatkan kinerja otak.
Meringankan batuk
Hasil penelitian menunjukkan bahwa coklat dapat meringankan batuk, hal ini karena coklat mengandung zat kimia bernama theobromine. Zat ini berfungsi untuk menghambat aktivitas dalam otak yang biasa disebut dengan saraf vagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar