Sabtu, 16 Maret 2013

mengatasi kesemutan


Tangan Sering Kesemutan? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Tangan sering kesemutan mungkin dirasakan oleh Anda akhir-akhir ini. Ketika Anda sedang asyik membaca, tak sengaja menggerakkan tangan tiba-tiba Anda merasa kesemutan, atau pada saat menggendarai sepeda motor lama-lama tangan Anda akan pegal dan kesemutan.Bisa juga pada saat mengetik di depan komputer, saat ber sms sesekali gunakan jari lain selain jempol, jika mungkin gunakan stylus pen, keypad, atau touch screen secara bergantian. Saat menyetir maka posisikan tangan hingga siku membentuk sudut 60 derajat. Jika menyetir lama usahakan merenggangkan tangan setiap 1 jam.
Hampir semua orang pernah mengalami apa yang disebut dengan tangan sering kesemutan atau kebas. Kalau sudah kebas biasanya tangan akan terasa kebal, ngilu walau akan berangsur-angsur hilang jika kita mulai menggerak-gerakkan bagian tubuh yang kesemutan tersebut.
Tetapi kesemutan patut diwaspadai jika kesemutan itu terjadi di satu bagian tubuh. kemudian menjalar ke bagian tubuh lain disekitarnya, dan kemudian memperburuk fungsi2 tubuh lainya. Bisa jadi itu adalah manifestasi tumor di bagian depan otak. Sebuah penyakit amat serius dengan gejala awal yang sepele.
Kesemutan terutama disebabkan oleh gangguan jaringan saraf.. belum tentu karena darah tinggi ato diabetes (bisa kesemutan tapi sudah komplikasi) untuk mengetahui tekanan darah, cobalah untuk mengukur tekanan darah, biasanya itu bisa mengetahui apakah kita terkena penyakit darah tinggi, normal atau justru darah rendah.
Sering pula rusaknya saraf karena gangguan pada pembuluh darah (misalnya pada penderita diabetes), konsumsi minuman beralkohol, merokok. Selain itu kekurangan nutrisi, khususnya vitamin-vitamin neorotropik juga mengambil peran cukup penting yang tidak boleh diabaikan.
Apalagi kesemutan ini juga dapat menjadi gelaja pennyakit lain yang lebih serius, seperti kolesterol tinggi dan kencing manis(diabetes mellitus). jenis penyakit lain yang fungsi saraf adalah bell’s palsy, tortikolis dan carpal tunnel syndrome.

Penyebab Tangan Sering Kesemutan

Penyebab tangan sering kesemutan adalah karena aliran darah yang tidak lancar atau sarafnya lemah. Sebaiknya dikonsultasikan dengan Dokter ahli penyakit dalam atau saraf. Kesemutan paling sering dirasakan di tangan, kaki, lengan atau kaki. Penyebabnya antara lain:
  1. Posisi duduk atau berdiri untuk waktu yang lama.
  2. Kurangnya aliran darah ke daerah tertentu, sebagai contoh penumpukan plak dari aterosklerosis di kaki dapat menyebabkan nyeri, mati rasa dan kesemutan sambil berjalan.
  3. Tekanan pada saraf tulang belakang.
  4. Kondisi medis tertentu, termasuk diabetes, tiroid kurang aktif, mutiple sclerosis, kejang, migran atau sakit kepala biasa.
  5. Tingkat abnormal kalsium, kalium atau natrium dalam tubuh
  6. Kekurangan Vitamin B-12
Sebaiknya Anda dapat memperhatikan penyebab-penyebab tangan sering kesemutan di atas agar dapat mencegah penyakit yang lebih serius lagi akibat kesemutan.

Cara Mengatasi Tangan yang Sering Kesemutan

Untuk mengatasi tangan yang sering kesemutan adalah dengan mencukupi kebutuhan vitamin-vitamin neorotropik, konsumsilah vitamin B1, B6 dan B12. vitamin ini penting untuk menjaga kesehatan jaringan saraf.
Vitamin B1 misalnya, penting untuk metabolisme karbohidrat, serta penyediaan energi untuk saraf. sedangkan vitamin B6n untuk metabolisme protein dan memelihara fungsi normal saraf. sementara B12 penting untuk sintesa asam nukleat dan menjaga integritas jaringan saraf. Untuk mengatasi nyeri, kombinasikanlah dengan analgesik yang berfungsi sebagai anti radang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar